TOEFL atau TOEIC?

Hampir semua orang sudah mengenal Test of English as a Foreign Language (TOEFL), tapi mungkin belum banyak orang yang mengenal Test of English for International Communication (TOEIC). Mari kita bandingkan keduanya.

TOEFL mengukur kemampuan bahasa Inggris di bidang akademis, misalnya sekolah dan universitas, sementara TOEIC menguji keterampilan bahasa Inggris di dunia kerja. Itulah mengapa, TOEFL sering dipakai sebagai syarat masuk kuliah, sementara TOEIC sebagai syarat masuk kerja (terutama lulusan SMK). Namun, di Indonesia, mungkin karena alasan biaya tes yang lebih murah (ITP Rp 500.000 vs TOEIC Rp 1 juta-an), TOEFL juga sering dipakai sebagai syarat masuk kerja, padahal keterampilan yang diujikan lebih cocok untuk dunia kampus.

Terdapat empat jenis TOEFL:

  • Internet-based TOEFL (IBT) yang berbasis komputer dan menguji kemampuan Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Tes ini biasanya disejajarkan dengan IELTS karena menjadi salah satu syarat masuk program Master atau Doktor di universitas luar negeri.
  • Paper-based TOEFL (PBT atau ITP) yang paling dikenal luas di Indonesia dan menguji kemampuan Listening, Structure (Grammar), dan Reading. Kadang, tes ini juga menguji kemampuan Writing, namun jarang sekali. Tes ini biasanya hanya berlaku di universitas dalam negeri, misalnya saat tes masuk atau saat akan ujian skripsi atau tesis.
  • TOEFL Primary yang menguji kemampuan Listening, Reading, dan Speaking anak-anak usia 8-10 tahun (atau usia Sekolah Dasar)
  • TOEFL Junior yang menguji kemampuan Listening, Reading, Language Form and Meaning dan Speaking anak-anak usia 11-15 (atau usia SMP-SMA)

TOEIC sendiri hanya memiliki dua jenis tes, yaitu TOEIC dan TOEIC Bridge, yang keduanya menguji kemampuan Listening & Reading dan Writing & Speaking.

Dalam tulisan ini, kita akan membandingkan TOEIC dan IBT (Internet-based TOEFL) karena keduanya menguji empat keterampilan yang sama, meskipun di Indonesia, TOEIC lebih sering dibandingkan dengan ITP/PBT (Paper-based TOEFL).

Format dan durasi

Total waktu tes TOEFL IBT kurang lebih 4 jam, yang terbagi dalam 4 bagian sebagai berikut:

  • Reading: 60-80 menit untuk 36-56 soal
  • Listening: 60-90 menit untuk 34-51 soal
  • Speaking: 20 menit untuk 6 soal
  • Writing: 50 menit untuk 2 soal

Total waktu tes TOEIC sama, yaitu kurang lebih 4 jam, dan juga terbagi dalam 4 bagian sebagai berikut:

  • Listening: 45 menit untuk 100 soal yang dikelompokkan ke dalam 4 bagian
  • Reading: 75 menit untuk 100 soal yang dikelompokkan ke dalam 3 bagian
  • Writing: 60 menit untuk 8 soal
  • Speaking: 60 menit untuk 11 soal

Penilaian

Nilai TOEFL IBT dihitung menurut skala 0 – 120, yang didasarkan pada penjumlahan nilai empat bagian (0-30). Berikut ini contoh penilaian IBT.

ibt-score-report

 

Gambar di atas menunjukkan nilai IBT 119, yang dikalkulasikan dari nilai Reading (29) dan Listening, Speaking, Writing (30). Mayoritas universitas top dunia mensyaratkan nilai IBT 90 – 110.

Berbeda dari IBT, nilai TOEIC dihitung menurut skala 10 – 990, yang didasarkan pada nilai Listening dan Reading. Berikut ini contoh penilaian TOEIC.

toeic-score-report

Gambar di atas menunjukkan nilai TOEIC 640, yang dikalkulasikan dari nilai Listening (295) dan Reading (345). Mayoritas perusahaan mensyaratkan nilai minimal TOEIC 400 untuk dalam negeri dan 500-600 untuk luar negeri.

Berapa dan Dimana

Biaya tes TOEFL IBT di seluruh dunia sama, yaitu sekitar US$ 160-240. Di Indonesia biayanya sekitar US$ 190 atau Rp 2,6 juta dg kurs Rp 14.000. Biaya TOEIC dihitung terpisah: Listening & Reading sekitar Rp 700.000 dan Writing & Speaking sekitar Rp 1,3 juta.

Di Indonesia, sudah banyak lembaga yang menyelenggarakan tes TOEFL dan TOEIC, jadi silakan bandingkan harga, kenyamanan tempat, dan jarak tempuh sebelum menentukan pilihan.

Langkah pertama menuju tes TOEFL dan TOEIC

Silakan baca dan pelajari panduan resmi TOEIC DI SINI dan IBT DI SINI.

Realia Inggris IBT dan TOEIC

Secara resmi, Realia Inggris belum memiliki program persiapan IBT (computer-based) dan TOEIC, tapi dengan guru yang kompeten dan pengalaman mengajar yang luas dalam hal persiapan tes seperti TOEFL (ITP dan IBT paper-based) dan IELTS, kami bisa membantu jika Anda berminat.

Hubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini atau nomor HP 0857-4774-6454 atau info@realiainggris.com.

 

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.